You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Sumenep

Lobuk Raih Desa Mandiri


Lobuk Raih Desa Mandiri

SUMENEP, Senin (30/1/2023) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, kembali meraih penghargaan Desa Mandiri tahun 2022 dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar.

Penyerahan penghargaan bergengsi itu diterima langsung oleh Kades Mohammad Saleh dari Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar melalui Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, di halaman Pemkab setempat, Senin (30/1/2023).

“Alhamdulillah, Desa Lobuk kembali mendapat piagam penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Yakni penghargaan Lencana Desa Mandiri dan Piagam Desa Mandiri,” tutur Kepala Desa Lobuk, Mohammad Saleh, ditemui seusai acara.

Kades yang akrab disapa Cak Saleh menambahkan, penghargaan Lencana Desa Mandiri dan Piagam Desa Mandiri merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat desa setempat khususnya pihak pemdes.

Dengan diraihnya piagam tersebut, Kades dua periode ini berharap akan menambah semangat dan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan bagi masyarakat yang dipimpinnya.

“Kami berharap, apa yang menjadi cita-cita desa sebagai gerak pembangunan dari pinggiran dan penopang ekonomi nasional sekaligus penggerak ekonomi masyarakat bisa tercapai optimal,” imbuhnya.

Mendapat seabrek penghargaan, lanjut Cak Saleh, bukan lantas membuat seluruh pihak bisa jumawa lantaran dinilai berhasil.

Lebih dari itu, tanggungjawab moral sebagai desa berprestasi sangat besar sehingga dibutuhkan kerja ekstra agar bisa terus berkembang.

“Kami akan terus bergerak, berbenah memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh stakeholder bisa saling merangkul mengupayakan terobosan penting dalam memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan menciptakan pembangunan infrastruktur yang merata.

“Semoga ini juga menjadi motivasi bagi kami, khususnya seluruh stakeholder Desa Lobuk untuk terus meningkatkan kapasitas kompetensi dan kualitas pembangunan SDM maupun infrasturktur yang ada di desa ini,” harap Cak Saleh, menutup keterangan.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengutarakan, setiap kepala desa diharuskan mempunya niat dan semangat dalam menjalankan roda pemerintahan.

Niat dan semangat dimaksud, kata Bupati Fauzi bertujuan membangun desa dari berbagai sektor. Seperti ekonomi kerakyatan, infrastruktur dan SDM.

“Kami ingin kepala desa se Kabupaten Sumenep bisa membuat desanya lebih maju untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Suami Nia Kurnia ini menegaskan, untuk mencapai target tersebut maka seluruh desa di masing-masing kecamatan harus membuat terobosan yang inovatif. Tujuannya, agar pemerataan pembangunan bisa tercapai dengan baik.

“Proses desa status mandiri minimal satu kecamatan satu desa mandiri yang selanjutnya ditingkatkan agar desa mandiri terus bertambah di desa lainnya,” tegasnya.

Sekadar informasi, Penghargaan Lencana Desa Mandiri dan Piagam Desa Mandiri juga diterima enam desa lainnya di Kabupaten Sumenep yakni Desa Kebunagung, Paberasan, Kolor, Pamolokan, Lenteng Timur dan Desa Karduluk.

Selain itu, ketujuh desa berprestasi juga mendapat suntikan dana dari Pemerintah Kabupaten Sumenep sebesar Rp150 juta untuk pengadaan sarana dan prasarana di masing-masing desa.

“Jadikan piagam dan penghargaan ini motivasi kepada kepala desa lain untuk berproses menjadi desa mandiri, tujuannya indeks desa semakin meningkat, ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi semakin lebih baik juga,” harap Bupati Fauzi, di hadapan seluruh kepala desa.

 

Sumber berita dari: Suara Indonesia News

https://suaraindonesia-news.com/pemdes-lobuk-sabet-penghargaan-lencana-desa-mandiri-dari-mendes-pdtt-kades-saleh-alhamdulillah/

Bagikan artikel ini:
Komentar

Logo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolor

DINAS PEMBEDAYAAN

MASYARAKAT DAN DESA

              

Kontak Kami

Jalan Trunojoyo 118, Kode Pos 83355
Kab. Sumenep, Prov. Jawa Timur

dpmdkabupatensumenep@gmail.com
082338544895

DPMD TV

© 2024 DPMD Sumenep