You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Sumenep

Rakor Tenaga Pendamping Profesional


Rakor Tenaga Pendamping Profesional

Media Center, Kamis ( 16/02 ) Pemberdayaan masyarakat desa penting dilakukan dalam upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan dan kesadaran. 

“Selain itu juga memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program dan pendampingan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi pada Rapat Koordinasi Dukungan dan Sinergitas Dalam Rangka Optimalisasi Pelaksanaan Program Desa, di Gedung KORPRI, Kamis (16/02/2023).

Pemerintah daerah melakukan pemberdayaan masyarakat desa, karena memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan daerah, sehingga keberhasilan pembangunan desa memastikan keberhasilan pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

“Karena itulah, manakala ingin melakukan percepatan pembangunan itu, kuncinya ada di desa, kalau desa maju tentu berefek ke pembangunan daerah dan nasional,” terang Bupati.

Bupati mengharapkan, seluruh kepala desa dan pihak terkait pemberdayaan masyarakat desa membangun sinergitas untuk melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Semua pihak terkait harus membangun kebersamaan demi memajukan desa melalui berbagai potensinya, seperti usaha ekonomi produktif dan pengembangan desa wisata, termasuk kesehatan masyarakat untuk pencegahan dan penurunan stunting,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni menambahkan, tenaga pendamping profesional di Kabupaten Sumenep berjumlah 157 orang, terdiri dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) sebanyak 5 orang, Tenaga Pendamping Desa (PD) sebanyak 71 orang dan Tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) sebanyak 81 orang.

“Kami mengharapkan dukungan dan sinergitas seluruh pihak terkait dan pendamping desa perlu terus ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk mewujudkan kemandirian desa,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )

Sumber berita : https://sumenepkab.go.id/berita/baca/bupati-sumenep-desa-miliki-peran-penting-dalam-pembangunan

Bagikan artikel ini:
Komentar

Logo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolor

DINAS PEMBEDAYAAN

MASYARAKAT DAN DESA

              

Kontak Kami

Jalan Trunojoyo 118, Kode Pos 83355
Kab. Sumenep, Prov. Jawa Timur

dpmdkabupatensumenep@gmail.com
082338544895

DPMD TV

© 2024 DPMD Sumenep