You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Sumenep

Bupati Sumenep Apresiasi Musik Tongtong Marakkan Kegiatan Bulan Bung Karno


Bupati Sumenep Apresiasi Musik Tongtong Marakkan Kegiatan Bulan Bung Karno

Media Center, Sabtu ( 10/06 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi penyelenggara yang mengadakan kegiatan “Juni Bulan Bung Karno” 2023, di Kabupaten Sumenep dengan menampilkan seni budaya musik tongtong. 

“Bung Karno sangat mencintai seni budaya daerah, sehingga melalui penampilan musik tongtong ini, masyarakat tetap mengingat sejarah para pahlawan sebagai pendiri bangsa,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan Parade Musik Tongtong Semarak Juni Bulan Bung Karno, di depan Rumah Dinas Bupati, Sabtu (10/06/2023). 

Parade musik tong-tong sebagai salah satu seni budaya Kabupaten Sumenep memeriahkan kegiatan ini, karena Ir. Soekarno proklamator sekaligus presiden pertama RI sangat mencintai seni budaya daerah atau tradisional. 

Kecintaannya pada seni budaya bisa dilihat dengan banyaknya aneka lukisan, patung dan benda-benda seni lainnya di Istana Negara, bahkan setiap pergi ke daerah selalu mencari sesuatu yang unik dari daerah itu. 

“Presiden Soekarno sangat menghargai setiap seniman, budayawan hingga para pemain seni budaya, bahkan meluangkan waktu untuk berbincang-bincang soal seni dan budaya bersama mereka setiap waktu,” tutur Bupati. 

Bulan Juni sebagai peringatan Bulan Bung Karno, karena Ir. Soekarno Proklamator sekaligus Presiden pertama RI dilahirkan, pada 06 Juni 1901, di Surabaya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada peserta parade musik tongtong yang telah hadir, untuk memeriahkan kegiatan Juni Bulan Bung Karno, dengan harapan penampilannya tidak hanya sebagai hiburan semata, melainkan juga membangun soliditas, merekatkan kebersamaan dan keharmonisan sosial dalam melestarikan seni budaya.  

“Ayo, kita jaga bersama-sama seni budaya termasuk musik tongtong ini, agar tetap lestari dan terjaga sampai kapanpun, karena seni budaya ini tiada duanya,” pungkasnya.  

Sementara itu, Parade Musik Tongtong semarak Juni Bulan Bung Karno menampilkan sebanyak enam kelompok, yakni Gong Mania, Lanceng Kirmata, Putera Sindingpuri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam.

Repost : https://sumenepkab.go.id/berita/baca/bupati-sumenep-apresiasi-musik-tongtong-marakkan-kegiatan-bulan-bung-karno

Bagikan artikel ini:
Komentar

Logo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolor

DINAS PEMBEDAYAAN

MASYARAKAT DAN DESA

              

Kontak Kami

Jalan Trunojoyo 118, Kode Pos 83355
Kab. Sumenep, Prov. Jawa Timur

dpmdkabupatensumenep@gmail.com
082338544895

DPMD TV

© 2024 DPMD Sumenep