You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Sumenep

Pelantikan Pilkades Terpilih PAW Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk Tahun 2023 di Kabupaten Sumenep


Pelantikan Pilkades Terpilih PAW Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk Tahun 2023 di Kabupaten Sumenep

Pelantikan Kepala Desa Terpilih Antar Waktu Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk Tahun 2023 di Kabupaten Sumenep. Dilantik oleh Bapak Bupati Sumenep (Achmad Fauzi) dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta beberapa kepala OPD yang bertempat di Ruang Rapat Aula Al-Qarya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sumenep. 

Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam sambutannya menyampaikan kepada kepala desa dalam menyusun strategi untuk membangun dan memajukan desa, harus bisa menggali potensi desanya secara maksimal, sebagai pemicu perputaran ekonomi masyarakat, seperti desa wisata, peningkatan UMKM dan potensi alam lainnya.

Karena itulah, kepala desa harus melakukan inovasi dalam  memanfaatkan potensi desa, sehingga potensinya benar-benar menjadi akar dalam pembangunan ekonomi desa, yang berefek positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi desa baik sumber daya alam dan manusia, harus menjadi sumber kekuatan dalam membangun ekonomi desa,” ucap Bupati Sumenep Achmad Fauzi. 

Bupati mengharapkan, kepala desa membangun koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lembaga lainnya, manakala ada program desa yang bisa diakses dan disinergikan bersama-sama.

“OPD terkait untuk memberikan pendampingan apabila ada kepala desa yang ingin menyusun program desa, sehingga bersama-sama membangun daerah melalui pembangunan desa,” terang Bupati.

Selain menggali potensi lokal, lanjut Bupati, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wadah pengembangan ekonomi desa harus mampu mengelola potensi desa, karena BUMDes sejatinya merupakan penguatan terhadap ekonomi desa yang memanfaatkan ragam jenis potensi di setiap desa.

“Salah satu tujuan pendirian BUMDes adalah meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,” tandasnya. 

Bupati Achmad Fauzi melantik dan mengambil sumpah kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk Mohammad Salehudin Farisi, untuk meneruskan kepala desa sebelumnya yang berakhir sampai degan 30 Desember 2025.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf mengungkapkan, pihaknya untuk mendorong ekonomi desa mempunyai kegiatan yang dilakukan secara mandiri oleh DPMD maupun desa, sehingga kepala desa mulai melakukan pengembangan potensi desa seperti wisata, UMKM dan lainnya.

“Kami terus mendorong desa mengembangkan potensi desa melalui pelatihan dan pendampingan, termasuk BUMDes dengan memprogramkan BUMDes berbasis kawasan, agar apabila ada desa yang memiliki potensi sama untuk bergerak bersama-sama,” pungkasnya.

Repost edit : https://sumenepkab.go.id/berita/baca/gerakkan-ekonomi-masyarakat-bupati-minta-kades-gali-potensi-desa

Bagikan artikel ini:
Komentar

Logo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolor

DINAS PEMBEDAYAAN

MASYARAKAT DAN DESA

              

Kontak Kami

Jalan Trunojoyo 118, Kode Pos 83355
Kab. Sumenep, Prov. Jawa Timur

dpmdkabupatensumenep@gmail.com
082338544895

DPMD TV

© 2024 DPMD Sumenep