You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Sumenep

Kabupaten Sumenep Berhasil Menambah Status Desa Mandiri sebanyak 101 Desa di Tahun 2024


Kabupaten Sumenep Berhasil Menambah Status Desa Mandiri sebanyak 101 Desa di Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo dan Wakil Bupati Dewi Khalifah, berhasil mendorong peningkatan status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Perkembangan Status Desa IDM Kabupaten Sumenep pada tahun 2016 sebanyak 10 desa sangat tertinggal, 124 desa tertinggal, 186 desa berkembang dan 10 desa maju. Namun pada Tahun 2024 naik signifikan sebanyak 92 desa berkembang, 137 desa maju, dan sebanyak 101 desa mandiri.

Pemerintahan desa harus bersinergi dan bekerja sama dalam membangun desa untuk menuju desa mandiri, dalam rangka mewujudkan proses pembangunan dari desa menuju kota sebagai konsep pembangunan telah berjalan dengan baik.

"Melalui konsep pentahelix, kepala desa harus berkolaborasi dengan multi pihak dalam pembangunan desa dalam rangka mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakatnya" ucap Wakil Bupati Sumenep.

Kepala Dinas PMD Anwar Syahroni Yusuf menyampaikan Kecamatan yang sudah 100Ůsa Mandiri yakni Kec. Kota Sumenep, Gapura dan Batuan. Sedangkan ada sebanyak 5 Kecamatan yang desanya belum mencapai status mandiri yakni Kecamatan Saronggi, Giligenting, Kalianget, Nonggunong, dan Masalembu, yang jelas kami berkomitmen agar Status Desa meningkat tiap tahun menjadi Desa Mandiri.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Anwar Syahroni Yusuf Kepala Dinas PMD kepada Bupati Sumenep, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, TAPM, Camat, Kepala Desa dan Pendamping Desa yang telah membantu mendukung mensukseskan pendataan IDM tahun 2024.

Bagikan artikel ini:
Komentar

Logo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolor

DINAS PEMBEDAYAAN

MASYARAKAT DAN DESA

              

Kontak Kami

Jalan Trunojoyo 118, Kode Pos 83355
Kab. Sumenep, Prov. Jawa Timur

dpmdkabupatensumenep@gmail.com
082338544895

DPMD TV

© 2024 DPMD Sumenep